Translate

Kamis, 19 Juli 2012

Mengerti Sebuah Jaringan Komputer

Hampir setiap komputer yang kita jumpai merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misal, ketika sebuah komputer atau laptop yang awalnya berdiri sendiri (stand alone) lalu kita tambah dengan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer kita telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas.

Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer ialah terhubungnya dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Manfaat yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer ialah mampu untuk saling berbagi sumber daya (resource sharing) yang kita miliki seperti pemakaian hardisk, printer, CD ROM dan perangkat lain secara bersama-sama, saling bertukar data (file sharing) dan berkomunikasi satu sama lain (email, chating sampai video conference).

Terlepas dari berbagai macam resiko yang harus kita hadapi, rasanya untuk komputer saat terhubung atau merupakan bagian dari jaringan komputer merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Tepatnya mungkin bukan kerugian tetapi konsekuensi dari terhubungnya sistem komputer kita ke jaringan komputer ini diantaranya adalah masalah keamanan (security) baik pada pengaksesan berbagai sumberdaya dari pihak-pihak yang tidak berwenang maupun masalah keamanan (ancaman virus) pada data yang dipertukarkan.

0 komentar:

Posting Komentar